Sylvia, Rika and Masrifani, Masrifani and Septiani, Rahayu KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PT TOGU PANCING BANJARMASIN. DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
![[thumbnail of 366-File Utama Naskah-827-1-10-20220422.pdf]](http://repository.stienas-ypb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
366-File Utama Naskah-827-1-10-20220422.pdf
Download (242kB)
Abstract
Abstract,
The purpose of this study was to determine the quality of service
that has been provided by PT Togu Pancing and to determine the
appropriate quality of service in increasing customer satisfaction of PT
Togu Pancing.
The type of research used is descriptive qualitative, where the
population in this study is all customers of PT Togu Pancing from January
to June 2021 as many as 300 customers, while the sample is 30 customers.
The result of this research is to implemet the five variables,
especially for the Tangibles variable so that the company can meet the
standards of the facilities provided, for example by adding or replacing
old facilities with new ones so as to increase customer satisfaction. In the
variables of Reliability, Responsiveness, Assurance and Emphty so that the
company can improve the quality of its service, so that it will lead to
customer satisfaction.
Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction
Abstrak,
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan
yang selama ini diberikan oleh PT Togu Pancing dan mengetahui kualitas
pelayanan yang tepat dalam meningkatkan kepuasan pelanggan PT Togu
Pancing.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif,
dimana populasi yang ada pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan PT
Togu Pancing selama bulan Januari sampai dengan Juni 2021 sebanyak
300 pelanggan, sedangkan sampelnya adalah 30 pelanggan.
Hasil dari penelitian ini adalah dengan melaksanakan lima variabel tersebut, khususnya untuk variabel Tangibles agar perusahaan dapat memenuhi standar dari fasilitas yang disediakan misalnya dengan menambah atau mengganti fasilitas yang lama dengan yang baru sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Pada variabel Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty agar perusahaan dapat meningkatkan kualitas pelayanannya, sehingga akan menimbulkan kepuasan terhadap pelanggan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Program Studi Sarjana Manajemen |
Depositing User: | Mrs Lusiana Pratiwi |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 02:04 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 02:04 |
URI: | http://repository.stienas-ypb.ac.id/id/eprint/27 |