Search for collections on STIENAS Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG (Studi Kasus Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nasional Banjarmasin)

Hayati, Diana and Lestarini Budiati, Penta and Devi Ariezta, Erlinda FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG (Studi Kasus Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nasional Banjarmasin). DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

[thumbnail of 129-File Utama Naskah-306-1-10-20181006.pdf] Text
129-File Utama Naskah-306-1-10-20181006.pdf

Download (789kB)

Abstract

Abstract,
The purpose of this study was to determine whether the
independent variables consisting of Culture (X1), Social (X2), Personal
(X3), Psychological (X4) simultaneously or partially affect the
purchasing decision (Y) of Samsung smartphone consumers and find out
the most dominant in influencing purchasing decisions.
The research method used in this research is quantitative
descriptive method. The study population was students of STIE National
Banjarmasin as many as 1,124 people and a sample of research using
Samsung smartphones was taken as many as 92 respondents.
The results of this study found that the variables Culture (X1),
Social (X2), Personal (X3), Psychological (X4) together (simultaneously)
had an influence on the Purchase Decision (Y) of Samsung smartphones.
Then from the four independent variables, only Psychological variables
(X4) have a significant partial effect on Samsung smartphone Purchasing
Decisions (Y), while Culture (X1), Social (X2), Personal (X3) have no
significant partial effect on Purchase Decisions (Y) Samsung
smartphone.
Key words: Culture, Social, Personal, Psychological, Purchasing
Decisions
Abstrak,
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel
bebas yang terdiri dari Kebudayaan (X1), Sosial (X2), Pribadi (X3),
Psikologis (X4) berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap
keputusan pembelian (Y) konsumen smartphone Samsung dan
mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan
pembelian.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah
mahasiswa STIE Nasional Banjarmasin yaitu sebanyak 1.124 orang dan
Sampel penelitian yang menggunakan smartphone Samsung diambil
sebanyak 92 orang responden.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa variabel Kebudayaan
(X1), Sosial (X2), Pribadi (X3), Psikologis (X4) secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y)
smartphone Samsung. Kemudian dari empat variabel bebas, hanya
variabel Psikologis (X4) yang berpengaruh signifikan secara parsial
terhadap Keputusan Pembelian (Y) smartphone Samsung, sedangkan
Kebudayaan (X1), Sosial (X2), Pribadi (X3) tidak berpengaruh signifikan
secara parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y) smartphone Samsung.
Kata Kunci: Kebudayaan, Sosial, Pribadi, Psikologis, Keputusan
Pembelian

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Studi Sarjana Manajemen
Depositing User: Mrs Lusiana Pratiwi
Date Deposited: 28 Jan 2023 04:25
Last Modified: 28 Jan 2023 04:25
URI: http://repository.stienas-ypb.ac.id/id/eprint/94

Actions (login required)

View Item
View Item