Search for collections on STIENAS Repository

PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEBERMANFATAAN, RISIKO DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN INTERNET BANKING PADA PT BANK BUKOPIN Tbk BANJARMASIN

Agustina, Ruslinda and Rizki, Amalia Afriana and Safrina, Arisa PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEBERMANFATAAN, RISIKO DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN INTERNET BANKING PADA PT BANK BUKOPIN Tbk BANJARMASIN. DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

[thumbnail of 128-File Utama Naskah-305-1-10-20181003.pdf] Text
128-File Utama Naskah-305-1-10-20181003.pdf

Download (465kB)

Abstract

Abstract,
The purpose of this study is to prove empirically whether there is
an effect of perceived ease, usefulness, risk and trust in the interests of
customers using internet banking at PT Bank Bukopin, Tbk Banjarmasin.
The sampling technique uses incident sampling, by distributing
questionnaires to customers who incidentally meet with researchers as
many as 73 respondents who use internet banking in November and
December 2017. Processing with the help of SPSS version 16 test
equipment.
The results showed that perceptions of usefulness affect the
interests of customers using internet banking, this is because customers
assume that using internet banking has benefits so that customers are
interested in using the internet banking. While perceptions of ease, risk
and trust do not affect the interests of customers to use bankint's internet,
this is because customers feel that it is not easy and less understandable
to use internet banking, then customers feel that using internet banking
has no risk and can provide good information for customers, and there is
a sense of customer concern in using internet banking so that customers
do not trust to use the internet banking.
Keywords: Perception Of Usefulness, Ease, Risk, Trust and Internet
Banking.
Abstrak,
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris
apakah terdapat pengaruh persepsi kemudahan, kebermanfaatan, risiko
dan kepercayaan terhadap minat nasabah menggunakan internet banking
pada PT Bank Bukopin, Tbk Banjarmasin.
Teknik penarikan sampel menggunakan sampling insidential,
dengan membagikan kuisioner kepada nasabah yang secara incidental
bertemu dengan peneliti sebanyak 73 responden yang menggunakan
internet banking pada bulan November dan Desember 2017. Pengolahan
data dengan bantuan alat uji SPSS versi 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kebermanfaatan
berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan internet banking, hal ini dikarenakan nasabah beranggapan dengan menggunakan internet
banking sangat memiliki manfaat sehingga nasabah berminat untuk
menggunakan internet banking tersebut. Sementara persepsi kemudahan,
risiko dan kepercayaan tidak berpengaruh terhadap minat nasabah untuk
menggunkan internet banking, hal ini dikarenakan nasabah merasa tidak
mudah dan kurang mengerti untuk menggunakan internet banking,
kemudian nasabah merasa dengan menggunakan internet banking tidak
memiliki risiko dan dapat memberikan informasi yang baik bagi nasabah,
dan adanya rasa kekhawatiran nasabah dalam menggunakan internet
banking sehingga nasabah kurang percaya untuk menggunakan internet
banking tersebut.
Kata kunci: Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, Risiko, Kepercayaan
dan Internet Banking.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Studi Sarjana Manajemen
Depositing User: Mrs Lusiana Pratiwi
Date Deposited: 28 Jan 2023 04:24
Last Modified: 28 Jan 2023 04:25
URI: http://repository.stienas-ypb.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item
View Item