Search for collections on STIENAS Repository

ANALISIS STRATEGI PENCAPAIAN TARGET PENJUALAN RENGGINANG UD WARNA WARNI BANJARMASIN

Sylvia, Rika and Suarniki, Ni Nyoman and Cahayanti, Dwiki ANALISIS STRATEGI PENCAPAIAN TARGET PENJUALAN RENGGINANG UD WARNA WARNI BANJARMASIN. DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

[thumbnail of 251-File Utama Naskah-520-1-10-20200512.pdf] Text
251-File Utama Naskah-520-1-10-20200512.pdf

Download (299kB)

Abstract

Abstract,
The purpose of this study was to determine the strategies that
must be carried out to achieve the target of the sales of the rengginang
UD Warna Warni Banjarmasin.
This type of research is a descriptive qualitative research
subjects in this study amounted to 10 respondents. Data analysis
technique used is to use SWOT analysis, namely by describing the
internal environment and external environment which are strengths,
weaknesses, opportunities and threats of UD Warna Warna Banjarmasin
business.
Based on the results of research from the internal side, the
strength of rengginang UD Warna Warni Banjarmasin is greater than its
weakness, the IFAS calculation results are 3.06 with the difference
between strengths and weaknesses having a positive value of 0.27. While
externally the opportunity is smaller than the threat, the EFAS
calculation point is 2.97 with the difference between the opportunity and
the threat has a negative value of -0.015. From the results of the
SWOT calculation show that the business of UD Warna Warni
Banjarmasin in quadrant II position, which indicates facing various
threats, this company still has strengths from an internal perspective. The
strategy that must be applied is to use power to take advantage of long�term opportunities by means of a product diversification strategy.
Keywords: Sales Target, SWOT
Abstrak,
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi yang harus
dilakukan untuk pencapaian target penjualan rengginang UD Warna
Warni Banjarmasin.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dengan subyek penelitian pada penelitian ini berjumlah 10 responden.
Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis
SWOT, yaitu dengan mendeskripsikan lingkungan internal dan
lingkungan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan
ancaman usaha UD Warna Warni Banjarmasin.
Berdasarkan hasil penelitian dari sisi internal, kekuatan usaha
rengginang UD Warna Warni Banjarmasin lebih besar dibanding
kelemahannya yakni hasil perhitungan IFAS poinnya adalah 3,06 dengan
selisih antara kekuatan dan kelemahan mempunyai nilai positif yaitu
0,27. Sementara dari sisi eksternal peluang lebih kecil dibanding
ancaman yakni hasil perhitungan EFAS poinnya adalah 2,97 dengan
selisih antara peluang dan ancaman mempunyai nilai negatif yaitu -
0,015. Dari hasil perhitungan SWOT tersebut menunjukkan usaha
rengginang UD Warna Warni Banjarmasin pada posisi kuadran II, yang
menandakan menghadapi berbagai ancaman, perusahaan ini masih
memiliki kekuatan dari segi internal. Strategi yang harus diterapkan
adalah menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka
panjang dengan cara strategi diversifikasi produk.
Kata Kunci: Target Penjualan, SWOT

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Studi Sarjana Manajemen
Depositing User: Mrs Lusiana Pratiwi
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:05
Last Modified: 30 Aug 2022 04:05
URI: http://repository.stienas-ypb.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item
View Item