Search for collections on STIENAS Repository

PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP OMSET PENJUALAN PADA CV DNA INSPIRATION OF ART BANJARMASIN

Mailiana, Mailiana and Masrifani, Masrifani and Jannah, Miftahul PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP OMSET PENJUALAN PADA CV DNA INSPIRATION OF ART BANJARMASIN. DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

[thumbnail of 241-File Utama Naskah-522-1-10-20200512.pdf] Text
241-File Utama Naskah-522-1-10-20200512.pdf

Download (443kB)

Abstract

Abstract,
The purpose of this study was to determine the effect of product,
price, promotion and location on sales turnover simultaneously and
partially and also to find out which variable was the most dominant
influence on sales turnover.
The population of this study was all consumers of CV DNA
Inspiration of Art Banjarmasin in 2015 until 2018. The sample was
determined as many as 100 respondents with sampling technique using
the Slovin formula.
The data analysis method was carried out in a descriptive analysis with
multiple linear regression, t test, F test and R2 (coefficient of
determination) using SPSS version 25.0.
Based on the results of the significance of the partial effect test
results obtained that the independent variables namely the product (X1),
price (X2), promotion (X3) and location (X4) have a significant effect on
sales turnover (Y). This is evidenced from the calculation of the t test in
which the significance value is less than a (0.05). The significance of the
joint effect test (simultaneous) shows that there is a significant influence
between the product (X1), price (X2), promotion (X3) and location (X4)
to sales turnover (Y). This is evidenced from the calculation of the F test
in which the F count is 139,849 with an F significance of 0,000 which is
smaller than a (0.05). The coefficient of determination (R2) is 0.866. This
value indicates that the independent variable (product, price, promotion
and location) can explain its effect on sales turnover of 86.6%. While the
remaining 13.4% is influenced by other variables outside the model.
Based on the regression analysis the most dominant variable affecting
sales turnover is the product variable with a coefficient of 0.355.
Keywords: Marketing Mix, Sales Omzet, Multiple Linear Regression
SPSS
Abstrak,
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
produk, harga, promosi dan lokasi terhadap omset penjualan secara
simultan dan parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang paling
dominan pengaruhnya terhadap omset penjualan. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen CV DNA
Inspirasi Seni Banjarmasin pada tahun 2015 hingga 2018. Sampel
ditentukan sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel
menggunakan rumus Slovin. Metode analisis data dilakukan dalam
analisis deskriptif dengan regresi linier berganda, uji t, uji F dan R2
(koefisien determinasi) menggunakan SPSS versi 25.0.
Berdasarkan hasil signifikansi hasil uji pengaruh parsial
diperoleh bahwa variabel bebas yaitu produk (X1), harga (X2), promosi
(X3) dan lokasi (X4) berpengaruh signifikan terhadap omset penjualan
(Y). Ini dibuktikan dari perhitungan uji t di mana nilai signifikansinya
kurang dari (0,05). Signifikansi uji efek bersama (simultan) menunjukkan
bahwa ada pengaruh yang signifikan antara produk (X1), harga (X2),
promosi (X3) dan lokasi (X4) terhadap omset penjualan (Y). Ini
dibuktikan dari perhitungan uji F di mana jumlah F adalah 139.849
dengan signifikansi F 0,000 yang lebih kecil dari (0,05). Koefisien
determinasi (R2) adalah 0,866. Nilai ini menunjukkan bahwa variabel
independen (produk, harga, promosi, dan lokasi) dapat menjelaskan
pengaruhnya terhadap omset penjualan sebesar 86,6%. Sedangkan
sisanya 13,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Berdasarkan
analisis regresi, variabel yang paling dominan mempengaruhi omset
penjualan adalah variabel produk dengan koefisien 0,355.
Kata kunci: Bauran Pemasaran, Omzet Penjualan, Regresi Linier
Berganda

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Studi Sarjana Manajemen
Depositing User: Mrs Lusiana Pratiwi
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:04
Last Modified: 30 Aug 2022 04:04
URI: http://repository.stienas-ypb.ac.id/id/eprint/59

Actions (login required)

View Item
View Item