Search for collections on STIENAS Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA TYPE NMAX DI BANJARMASIN

Sylvia, Rika and Mailiana, Mailiana PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA TYPE NMAX DI BANJARMASIN. DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

[thumbnail of 282-File Utama Naskah-600-1-10-20201101.pdf] Text
282-File Utama Naskah-600-1-10-20201101.pdf

Download (250kB)

Abstract

Abstract,
The purpose of this study was to determine whether product quality
and price have a simultaneous and partial effect, as well as to determine which
of the variables of product quality and price have the most dominant influence
on purchasing decisions for a Yamaha motorbike type NMax.
The population of this research is consumers who buy a Yamaha
motorbike type NMax. While the sample of consumers taken was 100 people.
Types and sources of data in the form of primary data obtained by using a
questionnaire distributed to consumers as respondents, complemented by
secondary data obtained from various references. Multiple Linear Regression
Method is used to test the proposed hypothesis.
The results of the research on product quality and price have a
significant effect on purchasing decisions, both simultaneously and partially
with statistical results using SPSS version 22.0 as follows Y = - 0.734 + 0.441
X1 + 0.727 X2 + e, meaning that the test results for each variable consist of
Product quality (X1) with a coefficient of 0.441 and price (X2) with a
coefficient of 0.727 have a positive effect both partially and simultaneously on
purchasing decisions (Y). Meanwhile, the value of R Square is 0.765, which
means that the variable contribution of product quality and price is 76.5%
affecting consumer purchasing decisions in choosing a Yamaha NMax type
motorcycle, while the remaining 23.5% is influenced by other variables.
Keywords: Product Quality, Price, Purchase Decision
Abstrak,
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas produk
dan harga berpengaruh secara simultan dan parsial, serta untuk mengetahui
dari variabel kualitas produk dan harga manakah yang paling dominan
berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor merk Yamaha type
NMax.
Populasi penelitian ini adalah konsumen yang membeli sepeda motor
merk Yamaha type NMax. Sedangkan sampel konsumen yang diambil adalah
sebanyak 100 orang. Jenis dan sumber data berupa data primer yang diperolehdengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada konsumen sebagai
responden, dilengkapi dengan data sekunder yang diperoleh dari berbagai
referensi. Metode Regresi Linear Berganda digunakan untuk menguji
hipotesis yang diajukan.
Hasil penelitian kualitas produk dan harga berpengaruh secara
signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara simultan dan parsial
dengan hasil statistik dengan menggunakan SPSS versi 22.0 sebagai berikut Y
= - 0,734 + 0,441 X1 + 0,727 X2 + e, artinya bahwa dari hasil pengujian tiap
variabel terdiri dari kualitas produk(X1) dengan koefisien 0,441 dan harga
(X2) dengan koefisien 0,727 berpengaruh positif baik secara parsial dan
simultan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan nilai R Square sebesar
0,765 artinya adalah sumbangan variabel kualitas produk dan harga adalah
sebesar 76,5% mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam memilih
sepeda motor merk Yamaha type NMax sedangkan sisanya sebesar 23,5 %
dipengaruhi oleh variabel – variabel lainnya.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Studi Sarjana Manajemen
Depositing User: Mrs Lusiana Pratiwi
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:29
Last Modified: 25 Aug 2022 04:29
URI: http://repository.stienas-ypb.ac.id/id/eprint/57

Actions (login required)

View Item
View Item