Mulyani, Sri and Hayati, Diana and Novita Sari, Ayu ANALISIS METODE PERAMALAN (FORECASTING) PENJUALAN SEPEDA MOTOR HONDA DALAM MENYUSUN ANGGARAN PENJUALAN PADA PT TRIO MOTOR MARTADINATA BANJARMASIN. DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
![[thumbnail of 320-File Utama Naskah-692-1-10-20210518.pdf]](http://repository.stienas-ypb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
320-File Utama Naskah-692-1-10-20210518.pdf
Download (264kB)
Abstract
Abstract,
The purpose of this research is to determine the forecasting of
sales of Honda Motorcycles at PT Trio Motor Martadinata Banjarmasin
and to determine the preparation of a sales budget so that the sales level
is in accordance with the level of consumer demand, so that there is no
excess or shortage of inventory.
The method used in this research is a quantitative descriptive
method. The source of data is obtained indirectly or through intermediary
media, namely in the form of documentation such as sales report data for
the last 5 years and motorcycle inventory data.
The results of this research indicate that sales forecasting at PT
Trio Motor Martadinata Banjarmasin in 2020 has increased from
previous years, namely as many as 3250 units. So that the supply of
motorbikes can be prepared in accordance with sales forecasting so that
consumer demand can be fulfilled. As well as the sales budget for 2020
amounting to Rp.69,845,759,000, - this sales budget can be used as a guide
in making decisions in business activities to sell Honda motorbikes at PT
Trio Motor Martadinata Banjarmasin.
Keywords: Sales Forecasting, Sales Budget, Consumer Demand
Abstrak,
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peramalan
(forecasting) penjualan Sepeda Motor Honda di PT Trio Motor
Martadinata Banjarmasin dan untuk mengetahui penyusunan anggaran
penjualan agar tingkat penjualan sesuai dengan tingkat permintaan
konsumen, sehingga tidak terjadi lagi kelebihan maupun kekurangan
persediaan barang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif kuatitatif.sumber data yang diperoleh secara tidak langsung atau
melalui media perantara, yaitu berupa dokumentasi seperti data laporan
penjualan 5 tahun terakhir dan data persediaan sepeda motor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peramalan (forecasting)
penjualan di PT Trio Motor Martadinata Banjarmasin pada tahun 2020
mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya yaitu sebanyak 3250
unit. Sehingga persediaan sepeda motor dapat dipersiapkan sesuai dengan
peramalan penjualan sehingga permintaan konsumen dapat terpenuhi.
Serta anggaran penjualan untuk tahun 2020 sebesar Rp 69.845.759.000,-
anggaran penjualan ini dapat digunakan sebagai pedoman dalam
pengambilan keputusan dalam kegiatan usaha menjual sepeda motor
Honda di PT Trio Motor Martadinata Banjarmasin.
Kata kunci: Peramalan Penjualan, Anggaran Penjualan, Permintaan
Konsumen
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Program Studi Sarjana Manajemen |
Depositing User: | Mrs Lusiana Pratiwi |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 04:23 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 04:23 |
URI: | http://repository.stienas-ypb.ac.id/id/eprint/47 |