Search for collections on STIENAS Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION SECARA ONLINE (STUDI KASUS PADA KARYAWAN HAPEWORLD BANJARMASIN)

Amalia Afriana, Rizki and Fijriana, Nurul ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION SECARA ONLINE (STUDI KASUS PADA KARYAWAN HAPEWORLD BANJARMASIN). DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

[thumbnail of 312-File Utama Naskah-659-1-10-20210517.pdf] Text
312-File Utama Naskah-659-1-10-20210517.pdf

Download (195kB)

Abstract

Abstract,
The purpose of this research is to analyze and find out among
cultural, social, personal, and psychological factors, which factors most
influence consumers when deciding to buy fashion products online.
The population is Hapeworld employees who have bought fashion
products online as many as 40 people. By using Arikunto's theory, the
samples taken were all populations, namely 40 people. The method used is
a quantitative method. Collecting data in the form of distributing
questionnaires. The data processing in this study used the SPSS program
and the analysis tests carried out were the research instrument test, the
classical assumption test and the hypothesis test.
The results of research shows that cultural, social, personal, and
psychological factors simultaneously have a significant effect on
purchasing decisions for fashion products online. Partially, social factors
and psychological factors have a significant effect, while cultural factors
and personal factors do not have a significant effect on purchasing
decisions for fashion products online. The most dominant factor
influencing online purchasing decisions is psychological factors.
Keywords: Consumers, Fashion Products, Purchasing Decisions
Abstrak,
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengetahui
diantara faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis, faktor mana yang
paling mempengaruhi konsumen ketika memutuskan membeli produk
fashion secara online.
Populasi adalah karyawan Hapeworld yang pernah membeli
produk fashion secara online sebanyak 40 orang. Dengan menggunakan
teori Arikunto, maka sampel yang diambil adalah semua populasi yaitu 40
orang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan
data berupa penyebaran kuesioner. Pengolahan data pada penelitian ini
menggunakan program SPSS dan uji analisis yang dilakukan adalah uji
instrument penelitian, uji asumsi klasik dan uji hipotesis Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial,
pribadi, dan psikologis, secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian produk fashion secara online. Secara parsial, faktor
sosial dan faktor psikologis berpengaruh signifikan, sedangkan faktor
budaya dan faktor pribadi tidak berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian produk fashion secara online. Faktor yang paling
dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online adalah
faktor psikologis.
Kata kunci: Konsumen, Produk Fashion, Keputusan Pembelian.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Mrs Lusiana Pratiwi
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:19
Last Modified: 25 Aug 2022 04:19
URI: http://repository.stienas-ypb.ac.id/id/eprint/40

Actions (login required)

View Item
View Item